Posted by : Unknown Jumat, 08 November 2013

Sepatu merupakan salah satu benda yang pertama kali diciptakan manusia. 
Namun, kapan dan siapa penciptanya masih misteri.
Para ahli sejarah memperkirakan bahwa sepatu pertama kali dibuat pada zaman Es atau sekitar 5 juta tahun lalu, yang berfungsi untuk penutup kaki. 
Saat itu, bentuknya sandal. Bahannya dari rumput dan dedaunan dan juga dari  kulit hewan. Beberapa bangsa yang memakai sandal saat itu, yaitu Mesir, Yunani, dan Cina.
Bentuk dan bahan sepatu berubah sesuai kebutuhan manusia. Fungsinya pun enggak cuma untuk melindungi kaki. Sepatu juga dipakai untuk bergaya dan menunjukkan tingkat sosial pemakainya. Oya, zaman dulu, sepatu untuk kaki kiri dan kaki kanan sama bentuknya, lo!
Sepatu primitif (kuno) dalam jumlah besar pernah ditemukan di pedalaman Missouri, Amerika Serikat (AS). Diperkirakan sepatu itu berasal dari 8000 Sebelum Masehi (SM). Sepatu lainnya juga pernah ditemukan dipegunungan Prancis dan kemungkinan berasal dari 3300 SM.Selain dari kulit binatang, ada juga sepatu yang terbuat dari rumput atau semak. Gunanya, untuk melindungi kaki dari teriknya sinar matahari atau dinginnya suhu. Selain di Missouri, ditemukan juga alas kaki yang berasal dari peradaban Mesir Kuno, Viking, dan China kuno.


Alas kaki yang berasal dari Mesir Kuno, berhiaskan gambar yang sangat indah. Alas kaki tersebut merupakan milik raja Mesir. Alas kaki pada saat itu digunakan untuk menunjukkan status sosial penggunanya. Di zaman itu, hanya para bangsawan dan orang-orang kayalah yang mampu untuk memakai sepatu.
Masyarakat Yunani Kuno juga memiliki alas kaki yang sangat menunjang kegiatan mereka sehari-hari. Sepatu mereka memiliki banyak tali yang diikat di sekeliling betis. Tentara Romawi Kuno juga memiliki sepatu yang sangat khas. Sepatu ini disebut caligae. Saat para tentara Romawi kembali dari peperangan dan menang, caligae diberi paku yang berasal dari perunggu, perak, bahkan emas.

Perkembanagan sepatukulit
Seiring perkembangan pola fikir dan perkembangan manusia, maka sepatupun bentuknya seakin berubah guna mendapatkan kenyamanan dalam menggunakannya.
pada tahun 1800an sepatu berasal dari solkaret pertama di buat dan di beri nama plimsoll.kira kira pada tahun 1892 goodyears dan perusahaannya baru me rilis sepatu karet dari us robber company,mulai memproduksi sepatu karet dan kanvas yang di beri nama keds.sekitartahun1908 marqui M. lalu converse mendirikansepatu converse, perusahaan inilah yang membuat sepatu olahraga basket pertama kali.
sepatu inipun yang mengubah pemain basket lebih dari seabad dan menjadi ikon AS.pada th 1917 sepatu keds menjadi sepau=tu atletik yang dijual secara masal. pada kemudian hari sepatu inu di rubah nama menjadi sneaker karna solnya lebih halus dan tidak menimbulkan decitan oada kondisi tertentu
inilah kilasan singkat tentang sejarah penemuan sepatu.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Total Tayangan Halaman

Popular Post

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Tengku M Kamil -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Tengku M. Kamil -