Posted by : Unknown Minggu, 15 Desember 2013

Thailand membuat kejutan di SEA Games 2013. Untuk sementara, mereka berhasil bertengger di puncak klasemen perolehen medali setelah menyusul Indonesia dan juga Myanmar.

Thailand melejit dengan torehan 43 emas, 37 perak dan 39 perunggu hal itu berbanding terbalik dengan Indonesia. Tim Sea Games Merah Putih harus terlempar ke posisi ke-4 dengan 31 emas, 47 perak dan 43 perunggu.
Sementara itu, Indonesia masih memiliki peluang besar untuk merebut status sebagai juara umum. Sebab, pelaksaan pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara ini masih menyisakan waktu hingga 22 Desember mendatang.
Belum lagi cabang atletik masih belum dipertandingkan mengingat cabang ini menjadi salah satu lumbang emas Indonesia di beberapa perayaan Sea Games beberapa waktu lalu.



Pencak Silat Raih Juara Umum
Cabang olahraga pencak silat meraih juara umum dengan torehan empat medali emas. Emas terakhir disumbang Mohamad Adnan di nomor tanding 55-60 kilogram yang digelar di Zayar Thiri Indoor Stadium, Ahad siang, 15 Desember 2013.

Pelatih pencak silat Indonesia, Taslim Aziz, mengatakan sampai hari terakhir ini pencak silat telah menyumbang empat emas, empat perak, dan tiga perunggu. Torehan ini sebenarnya tak memenuhi target minimal mereka, yakni lima medali emas.
Namun, kata Taslim, tim Indonesia tetap meraih juara umum karena saingan terberat mereka, yakni Vietnam, hanya meraih empat emas, tiga perak, dan dua perunggu. "Memang tidak mencapai target, tapi kami tetap juara umum," kata Taslim.

Hendro Raih Emas di Jalan Cepat
Atlet jalan cepat Indonesia, Hendro, berhasil meraih medali emas di nomor jalan cepat 20 kilometer SEA Games 2013 yang berlangsung di Kompleks Olahraga Wunna Theikdi, Nay Pyi Daw, Myanmar, 15 Desember 2013.

Dari hasil yang terpampang di laman resmi SEA Games 2013, Hendro mencatatkan waktu selama 1 jam 29 menit 41 detik. Dia mengalahkan catatan waktu atlet Vietnam, Xuan Vinh Vo, yang menempuh 20 kilometer dengan catatan waktu 1 jam 33 menit 30 detik. Adapun atlet Malaysia, Myo Min Thiha, menempati posisi ketiga dengan catatan waktu 1 jam 36 menit 18 detik.

Deni Sumbang Emas dari Angkat Besi
Atlet angkat besi Deni menambah pundi-pundi emas Indonesia di ajang olahraga dua tahunan SEA Games Myanmar 2013. Turun di kelas 69 kilogram, Deni merebut emas dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Theinphyu, Yangon, Sabtu, 14 Desember 2013. 
Pria berusia 24 tahun ini sukses melakukan total angkatan 324 kilogram. Pada angkatan snatch, Deni mampu mengangkat beban seberat 148 kilogram. Sedangkan di angkatan clean and jerk, Deni berhasil mengangkat beban 176 kilogram.

Medali juga ikut disumbangkan di nomor putri. Lifter Citra Febrianti yang turun di kelas 53 kilogram merebut medali perunggu setelah melakukan total angkatan 191 kilogram. Total angkatan Citra sebenarnya sama dengan peraih perak dari Vietnam, Thuy Nguyen Thi, tapi Citra kalah di angkatan clean and jerk. Medali emas sendiri diambil oleh atlet tuan rumah Aye Thanda Lwin. Aye Thanda berhasil melakukan total angkatan 202 kilogram. 
Perunggu juga disumbangkan oleh Edi Kurniawan yang turun di kelas 77 kilogram. Edi melakukan total angkatan 316 kilogram. Di kelas ini, lifter Thailand Pornchai Lobsi merebut emas dengan total angkatan 336 kilogram. Sementara perak diambil Ngoc Nguyen Hong dari Vietnam dengan total beban 319 kilogram. 
Sehari sebelumnya, cabang angkat besi sudah menyumbangkan dua emas dan satu perak. Dua emas Indonesia berasal dari Eko Yuli Irawan yang turun di kelas andalan 62 kilogram dan Sri Wahyuni di kelas 48 kilogram. Sedangkan perak berasal dar Jadi Setiadi di kelas 56 kilogram.



Perenang Indonesia Cetak Rekor SEA Games
Perenang Indonesia, Triady Fauzy Sidiq, berhasil memecahkan rekor SEA Games di nomor 100 meter gaya bebas putra di acara Sea Games yang digelar di Wunna Theikdi Stadium.
"Saya kaget karena tidak menyangka bisa memecahkan rekor," kata Triady setelah seremoni pengalungan medali di Wunna Theikdi Stadium, Jumat, 13 Desember 2013.
Triady mencatat waktu 49,99 detik, mengalahkan rekor sebelumnya yang dicetak perenang Malaysia, Dainel Bego, dengan waktu 50,16 detik pada Sea Games 2009.
Triady mengalahkan perenang Vietnam, Quy Phuoy Hoang, yang mencatat waktu 50,52 detik. Sedangkan perenang Singapura, Kai Quan Donny, finis di urutan ketiga dengan waktu 50,83 detik.
Sumbangan emas Triady ini menambah torehan emas dari cabang renang yang diraih oleh Ricky Angga Wijaya, kemarin. Sampai pukul 19.30 waktu Myanmar, tim renang telah menyumbang 2 emas, 3 perak, dan 3 perunggu. 

Untuk hari ini cukup sekian dulu berita tentang Sea Games.
Ikutin terus berita selanjutnya di blog ini esok hari.

Salam,

Tengku M. Kamil

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Total Tayangan Halaman

Popular Post

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Tengku M Kamil -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Tengku M. Kamil -